Senin, 05 Juli 2010

Ransum . . . . oh . . . Ransum

Hari hari awal menjadi peternak itik (bebek) amatiran saya pun dimulai, masalah pertama yang langsung terasa adalah betapa mahalnya biaya pakan per hari yang harus dikeluarkan. Untuk membuat pakan dengan kandungan protein minimal 18% dan energi 2300 kalori ternyata membuat saya harus merogoh kocek dalam dalam he he.


Awalnya saya memberi makan itik dengan komposisi ransum Konsentrat + Loyang (nasi karak yang dikeringkan) + Dedak. Dengan harga konsentrat berkisar antara Rp 6200 - 6700 per kg Nasi Karak (loyang) Rp 2300/ kg dan Bekatul (dedak) Rp 1300/kg maka biaya pakan per hari yang harus saya keluarkan lebih kurang 1.2 juta rupiah, bagi peternak amatiran seperti saya merogoh kocek 36 juta sebulan untuk kebutuhan pakan cukup menguras isi kantong ! Untungnya hal ini tidak sampai mengganggu dapur keluarga ha ha ha

Walaupun produksi telur cukup memuaskan (50 - 60%) tetapi keuntungan yang diharapkan tidak terwujud, praktis usaha awal ternak itik ini tidak memberi keuntungan apapun di tiga bulan awal usaha.

Kita jadi mikir mikir kalau hal ini berlangsung terus menerus bisa mengganggu stabilitas rumah tangga nih he he, untuk itu bagi para peternak pemula saya memberi nasihat sebelum anda terjun dalam usaha ternak itik (bebek) sebaiknya anda sudah punya antisipasi mengenai ransum yang akan diberikan.

Anda sudah harus punya gambaran membuat ransum yang murah tetapi memenuhi standar gizi yang diperlukan oleh bebek untuk tumbuh dan berproduksi secara maksimal. Jadilah hari hari awal saya sebagai peternak amatiran berburu informasi bahan bahan pakan ternak yang ada disekitar lokasi peternakan saya. Berburu informasi via internet maupun berburu informasi melalui teman teman di kampung menjadi acara rutin, ini semua gara gara Ransum !

2 komentar:

  1. ok juganih saranya.sangat bermanfaat,tetapi 1,5jt perhari itu untuk bebek berapa ekor? sudah termasuk biaya kelancaran usaha dll pa belum?mohon balasanya tanx

    BalasHapus
  2. Ijin share info min:

    Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Cocok unt pakan ternak. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok. Harga Rp. 2800 bahan kulit kering, Rp. 3500 tepung per Kg. Cod lokasi/ loco gudang. Min 500kg. PM. Hub : 08987300699/ WA

    BalasHapus