Sabtu, 03 Juli 2010

Mewujudkan Impian

Memandangi ribuan ternak itik dibawah bangunan 100 m x 12 m itu membuat ku terkenang pada almarhum ayah, akhirnya terwujud juga mimpi nya untuk melihat usaha ternak itik menjadi kenyataan. Mimpinya untuk membuat usaha ternak itik keluarga kadang membuatku merasa takjub. Takjub karena gagasan ini keluar dari seorang tua yang berusia seratusan tahun (sesungguhnya tidak ada satu orangpun di desa kami yang tahu persis berapa umur beliau he he). Dan takjub menyadari betapa memang cinta orang tua pada anak itu memang tidak bisa diukur dalamnya, itulah orang tua …. sekalipun anak anaknya semua sudah berumah tangga dan punya anak pula.

Tidak mudah untuk mewujudkan mimpi mulia ini, tidak mudah karena yang punya gagasan sudah uzur sehingga tidak bisa turun tangan memujudkan impiannya, dan yang paling sulit adalah meyakinkan seluruh saudara yang berjumlah 10 saudara, bahwa usaha ternak itik ini menguntungkan. Maklum separuh dari mereka berpengalaman dalam bisnis sehingga tidak mudah meyakinkan mereka bahwa mimpi ini masuk akal – menguntungkan dan bisa diwujudkan.

Belum lagi kondisi finansial kami yang berbeda beda serta keberanian menanggung resiko RUGI ! Awalnya gagasan (impian ini) boleh dibilang sebatas mimpi sehingga Beliau sering menceramahi kami pagi siang dan malam he he yang tidak punya visi bisnislah, tidak punya semangat . . . he he he

Gagasan Beliau mulai terwujud september tahun lalu, saat Iedul Fitri kami 4 bersaudara melakukan riset kecil kecilan ke daerah sekitar brebes – Tanjung Jawa Tengah, di daerah tersebut kami mengunjungi Peternakan Itik Pak Sobirin yang memiliki 2000 an ekor itik. Dari Pak Sobirin pula lah kami mendengarkan kembali suka dukanya beternak itik, gambaran bisnis ternak itu seperti apa. Sesungguhnya kami bukannya tidak memahami bisnis ternak itik ! karena pada kurun 1996 – 1998 kami pernah memiliki ternak sekitar 5000 ekor.

Setelah riset kecil kecilan mulailah kami meyakinkan diri bahwa Impian ayah kami untuk membuat usaha Ternak Itik Keluarga bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan Gaya Pengusaha amatiran kami susun anggaran pembuatan Kandang ternak, Desain dibuat semalaman, target penyelesaian kandang selama 3 bulan selesai dicanangkan !

Hasilnya …….

Kandang jadi dalam waktu 5 bulan (molor dari 3 bulan) anggaran kandang membengkak dua kali lipat ! tetapi semua orang mengakui bahwa inilah kandang bebek terbagus di seputaran Pemalang – Brebes bahkan mungkin Jawa Tengah. Kini ditengah persawahan Desa Serang Kabupaten Pemalang berdiri dengan menterengnya Sebuah Kandang Itik (Bebek) permanen berukuran 100 x 12 meter dengan konstruksi baja dan atap asbes, dibawahnya kurang lebih 3500 ekor bebek tiap hari bertelur 1500 an butir.

Kami bersyukur mampu mewujudkan mimpi Ayah anda tercinta menjadi kenyataan, kami yakin Beliau kembali kehadirat Nya dengan damai setelah melihat impian terakhirnya menjadi kenyataan. Kami mencintaimu Ayah tetapi Allah Lebih mencintaimu, Selamat Jalan Ayah Anda ……

1 komentar:

  1. PAKAN Kosentrat BE-101 ITIK PETELUR
    Salam kenal..
    Harga pakan yang terus naik tidak sebanding dengan harga jual telur bebek. Masalah klise ini terus berulang tanpa solusi yang tepat untuk membangkitkan para peternak Itik. Akibatnya mereka sulit mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik.
    Pakan merupakan kebutuhan pokok dalam suatu usaha peternakan . Sekitar 70% biaya yang harus dikeluarkan merupakan biaya pakan, sehingga kualitas pakan perlu mendapatkan perhatian bagi setiap peternak Itik Petelur. Semakin baik kualitas pakan yang diberikan ternak, maka semakin baik produksi telur yang dihasilkan peternak. Selain berkualitas baik, pakan juga harus murah, sehingga memberikan keuntungan bagi peternak.

    Pakan yang mahal, sekalipun berkualitas baik, akan kurang menguntungkan bagi peternak. Kosentrat BE-101 merupakan jawaban dari masalah tersebut. Selain berkualitas , juga berharga murah, sehingga terjangkau dan memberikan keuntungan bagi peternak.
    Dalam upaya membantu peternak, kami memproduksi kosentrat untuk bebek petelur (BE-101) dengan harga yang terjangkau .
    Harga Kosentrat BE-101 Rp. 265.000/sak
    Bahan baku yang di pakai kosentrat BE-101: Tepung kepala udang,Tepung Ikan,Bungkil Kedelai,Tepung Tulang Sapi,Formula Probiotik,Vitamin dan Mineral.
    Kandungan Nutrisi :
    -Protein 39% - 41%
    -Lemak kasar Mak. 5%
    -Serat Kasar Mak. 8%
    -Kalsium Min. 10%
    -Phospor Min. 1,2%
    Aplikasi pemakaian:
    Campuran Kosentrat:
    -Golden(Cargiil)/144 (phokphan) 45%
    -BE-101 45%
    -Tepung Ikan (prot.50%) 10%
    *Pemakaian Campuran Kosentrat: 25%
    Perbandingan pakan:
    -Campuran Kosentrat 25%
    -Katul Halus 40%
    -Jagung 35%
    Setelah menggunakan campuran kosentrat Golden/144 dengan Kosentrat BE-101, ada penghematan biaya pemakaian kosentrat. Peternak bisa membuktikannya.
    -Pemakaian pakan bebek untuk populasi 1.000 ekor:
    Campuran Kosentrat:
    -Golden/144 (45%)- 15 kg
    -BE-101 (45%)- 15 kg
    -Tepung Ikan (prot.50%) (10%)- 4 kg
    (100%) 34 kg
    Pakan Jadi:
    -Campuran Kosentrat (25%)- 34 kg
    -Katul Halus (40%)- 54 kg
    -Jagung (35%)- 48 kg
    (100%) 136 kg
    Kebutuhan pakan bebek: 136 gr/ekor
    Kami berkomitmen menjadikan produk dan pelayanan dengan mutu terbaik bagi pelanggan, sehingga memberi manfaat besar bagi peternak.

    CV. Tepung Emas
    Contack Person : TANTO
    Tilp: 031-70889819,08121740404,08175003911
    Email: hartanto_te@yahoo.co.id atau hartanto.te@gmail.com
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id
    Website: http://tepungemas.wordpress.com

    BalasHapus