Senin, 05 Juli 2010

Beli Itik Siap Bertelur Apa Membuat Itik Sendiri

Salah satu masalah yang sering diperdebatkan oleh para peternak itik petelur adalah mana yang lebih menguntungkan ? membeli bibit itik (bebek) siap bertelur atau memelihara itik dari DOD (meri).


Jawaban pertanyaan di atas bisa mengundang perdebatan panjang, dalam sebuah keempatan saya ngobrol ngobrol dengan para peternak itik yang sudah Pakar di serambi rumah saya di kampung sana. Pakar itik atau bebek ini saya berikan kepada mereka karena mereka sudah menggeluti dunia per Itikan sejak mereka kecil sampai mereka Tua. Jadi secara teoritis keahlian mereka tidak perlu kita perdebatkan.

Satu diantara pakar dengan penuuh keyakinan menyarankan agar saya membuat Indukan bebek sendiri. Argumen nya sederhana saja : kita tahu persis kualitas bebek yang kita dapatkan. Karena mohon maaf saja di jaman gila seperti sekarang ini sangat susah untuk mencari bebek yang bener bener bagus. dibilang bebek siap telur (bebek bayah begitu mereka bilang) tahu tahu sebagian siap telur sebagian terlalu muda bahkan sebagian disisipi bebek yang hampir afkir. Alasan lain adalah lebih murah ! Karena dengan membeli bebek siap telur peternak harus merogoh kocek dalam dalam, hal ini bisa dipahami karena harga bibit bebek siap telur saat ini berkisar antara Rp 31.000 sampai dengan 41.000 tergantung kondisi lapangan.

Pakar yang lain memberi nasihat lebih baik membeli Bebek Siap Telur saja, alasannya resiko memelihara dari DOD menjadi bebek siap telur terlalu besar, apalagi bagi yang masih awam, walaupun harga bebek mahal, adapun kekuatiran ditipu penjual Bibit bebek siap telur bisa diatasi dengan mengajak pakar seperti mereka.

Jadi bila anda mau mulai bisnis beternak bebek petelur anda mau pilih yang mana ? beli Bebek siap Telur ? atau memelihara dari fase meri ?? semua berpulang kepada pilihan Anda ! Namanya juga usaha ......

3 komentar:

  1. nice share pak,saya juga sedang akan memulai bisnis ini.(dan tentu saja masih awam).saya cuma paham teoritis tapi belum punya pengalaman sama sekali.bapak sendiri waktu pertama mulai bisnis ini pilih yg mana?

    BalasHapus
  2. Mas teguh saya mulai usaha ternak bebek dengan mencari bibit yang Sudah siap bertelur, dg pertimbangan peril fokus mencari komposisi ransum yg tepat, tetapi untuk kedepan saya berencana menetaskan sendiri atau beli bebek umur sehari

    BalasHapus
  3. kami menyediakan DOD Mulai dari peking, hibrida dan mojosari

    untuk info dan pembelian bisa hub

    03160959705 / bb :32153230

    atau bisa lihat di web kami : www.sentraitik.tk

    BalasHapus